Rokok Si Pembunuh Berdarah Dingin (bagian 02)
Artikel Fiqh

Rokok Si Pembunuh Berdarah Dingin (bagian 02)

Dalil Keharaman Rokok
Sesungguhnya sebagian perokok terkadang tidak tahu terhadap hukum  merokok atau syetan menyamarkan kepadanya hukum perkara ini, mendatangkan untuknya bermacam-macam kedustaan dan syubuhat yang membuatnya mengira bahwa rokok tidak haram dan tidak berdosa atas yang menghisapnya.

Kepada setiap perokok yang menginginkan kebenaran di dalam hukum menghisap rokok dan mengkonsumsinya, kami bawakan untuknya dalil-dalil ini yang berdsarkan Al Quran dan As Sunnah.
Allah Ta’ala berfirman:

{وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ }

Artinya: “Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk.”

Dan rokok, tidak diragukan oleh seorang yang berakal bahwa ia adalah termasuk hal-hal yang buruk.
Allah Ta’ala berfirman:

{وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ }

Artinya: “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan.” Dan tidak diragukan, rokok akan menjerumuskan ke dalam penyakit-penyakit yang membinasakan.
Allah Ta’ala berfirman:

{وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا }

Artinya: “Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” Rokok adalah pembunuh perlahan-lahan terhadap diri seseorang.
Allah Ta’ala berfirman:

{وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا}

Artinya: “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.” Rokok adalah penghamburan dan pemborosan harta.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

« لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ ».

Artinya: “Tidak ada bahaya dan tidak memberi bahaya.” Dan rokok berbahaya untuk penghisapnya, keluarganya serta anak-anaknya yang duduk bersamnya yang tidak merokok.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

« مَنْ آذَى مسلما فَقَدْ آذَانِى وَمَنْ آذَانِى فَقَدْ اللَّهَ ».

Artinya: “Barangsiapa yang menyakiti seorang muslim berarti ia telah menyakitiku dan barangsiapa yang menyakitiku berarti ia telah menyakiti Allah.” Dan rokok di dalamnya terdapat menyakiti tetangga, orang yang duduk bersama, orang-orang yang shalat dan para malaikat yang menulis catatan amal.
Seluruhnya ini adalah dalil-dalil yang menjelaskan keharaman mengkonsumsi rokok atau berdagang dengannya, dan tidak ada yang mengingkarinya kecuali seorang yang menolak kebenaran atau ngeyel.
Setelah ini, wahai saudaraku yang tersayang, wahai orang yang diuji dengan menghisap rokok, apakah anda menginginkan yang lebih bayak dari dalil-dalil dan keterangan-keterangan jelas ini akan pengharamannya? Apakah pantas bagi Anda –wahai sauadaraku muslim- setelah Anda mendengar hukum syar’ie yang berdasarkan dari Al Quran dan As Sunnah dan juga dari logika, lalu kemudian Anda menghisap rokok yang buruk ini?!
Bersambung insyaAllah…

Sekelumit Renungan – Rokok Si Pembunuh Berdarah Dingin (bagian 03)
diterjemahkan oleh Ahmad Zainuddin dari artikel berjudul asli القاتل البطيء disusun oleh bagian Keilmuan Di Madar Al Wathan, Riyadh KSA.
Rabu, 6 Shafar 1434H, Dammam KSA.

Post Comment